Friday, 8 March 2024 | 10:15 Wita

Semarak Sambut Ramadhan, Tiga Event Digelar di Parepare bagi Hidayatullah Ajatappareng Bosowasi

Editor: admin
Share

Parepare, HidayatullahSulsel.com/strong — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Sulsel menggelar tiga agenda besar di Kota Parepare, bertempat di Kampus Madya Hidayatullah Parepare, Selasa-Rabu (5-6/3/2024).

Tiga agenda yang terselenggara Halaqoh Kubro, Upgrading Dai, dan Tarhib Ramadhan. Kegiatan menghadirkan pemateri-pemateri dari unsur murobby nasional dan wilayah.

Halaqoh Kubro dan Upgrading Dai dimaksudkan untuk penguatan konsistensi berhalaqoh kader dan juga sebagai penguatan kader da’i sebelum nantinya banyak mengambil peran dakwah dan layanan ummat di bulan Ramadhan nantinya.

Dalam materi penguatan halaqoh, Ustadz Drs Ismail Mukhtar, Anggota Dewan Murobby Hidayatullah Sulawesi Selatan, berpesan jiwa kepemimpinan dalam membangun soliditas ini lahir dari konsistensi berhalaqoh, seorang kader harus merasa butuh berhalaqoh karena di dalamnya terdapat banyak sekali manfaat terutama manajemen keilmuan.

Upgrading Dai dimulai dengan materi murobby nasional Hidayatullah Ustadz Drs Ahkam Sumadiyana MA. Ia menyampaikan terkait hal fundamental dari ukuran militansi kader.

“Seorang kader itu dirinya sudah harus terQur’anisasi, shalat lailnya lama, melakukan ekspansi dakwah, berimamah jama’ah,” jelasnya.

Sedangkan untuk merawat militansi itu jelas Ust Sumadiana, dengan menumbuhkan semangat beramal jariyyah, menata hati untuk tetap ikhlasunniyyah, berbuat karena Allah saja, Sami’na wa atho’na terhadap amanah lembaga.

Ketua DPW Hidayatullah Sulsel Ustadz Drs Nasri Bohari MPd juga turut memberikan penguatan di Upgrading Dai. Ia menyampaikan seorang dai itu harus memiliki keimanan yang menimbulkan keikhlasan serta istiqomah dalam perjuangan.

“Dai juga harus selalu siap menghadapi tantangan dakwah sesuai zamannya dan da’i harus menjadi sosok teladan karena nampak kesholehannya,” urainya.

Di sela acara juga dirangkaikan dengan launching HiTravel sebagai tindak lanjut program kemandirian ekonomi Hidayatullah Sulsel, dan sebagai ikhtiar memudahkan kader Hidayatullah berangkat Umrah. Launching ini dihadiri langsung oleh Dirut HiTrave H Kaamilil Khuluq.

Dalam launching ini didampingi oleh Kadep Ekonomi DPW Hidayatullah Sulsel Ustadz Imran Jufri SPd, dan Manajer HiTrave Sulsel Probindo Ustadz Irfan Yahya SPd, mensosialisasikan program ekonomi keummatan dan kelembagaan.

Sementara Tarhib Ramadhan diikuti oleh seluruh kader Hidayatullah Ajatappareng Bosowasi dan binaan Rumah Qur’an DPD Hidayatullah Parepare.

Pemateri dalam Tarhib, Anggota DMW Hidayatullah Sulsel Ustadz Dr. Misjaya Khairun menyampaikan bahwa seorang mukmin adalah mereka yang sentiasa berbahagia dan bersiap menyambut Ramadhan, bekal terbaik menyambut Ramadhan adalah dengan BerQur’an.

“Hendaknya setiap kita betul betul punya manajemen waktu terbaik bersama Al Quran karena Bulan Ramadhan juga dinamakan Bulan Qur’an,” jelasnya.

Ia juga kembali mereview tentang syarat sah rukun puasa.

Yang menarik dari agenda ini adalah pembagian voucher umrah HiTravel kepada peserta yang hadir sebagai komitmen HiTravel untuk menjadi partner kemandirian ekonomi Hidayatullah Sulsel, juga ada hadiah menarik dari Probindo yaitu Pasta Gigi herbal siklus. (Abu Haniyyah)


Tags:

BACA JUGA