Saturday, 11 May 2024 | 06:05 Wita

Dari Halaqah Kubra (3): Taushiyah Ust Hanifullah, Bahagianya Berkurban

Editor: admin
Share

HidayatullahSulsel.com — Berikut petikannya taushiyah Ust Hanifullah Dewan Murrabi Pusat Hidayatullah dari arena Halaqah Kubra Hidayatullah Sulsel:

Kehidupan ini akan berjalan dengan baik dan lebih baik kalau ada orang orang yang berkorban. Sebab karena pengorbanan itulah kemudian membuat kehidupan itu menjadi lebih baik dan nyaman.

Islam sebagai agama yang Rahmatan Lillalamin itu hadir dalam kehidupan kita, sebab adanya orang yang berkorban. Bukan sekedar hadir begitu saja, tapi hadirnya Islam itu karena pengorbanan.

Maka pengorbanan itu harus kita lakukan jika ingin hidup kita lebih baik dan berkualitas. Pengorbanan itu dilakukan dalam segala hal, apalagi itu kalau kita berkorban dalam garis perjuangan Islam.

Oleh karena itu sebagai ummat Rasulullah, kita harus tanamkan dalam diri kita perasaan gembira, bahagia kalau sudah berkorban. Terlebih kalau perasaan bahagia itu jika sudah berkorban melayani saudaranya.

Kapan ada orang seperti ini berarti ada spirit perjuangan yang luar biasa dalam dirinya.

Dalam mukadimah pada alinea peraturan organisasi. Ada di sana disebutkan, “Untuk mewujudkan cita-cita Islam yang Rahmatan Lilalamin itu butuh pengorbanan yang besar”. Sehingga sangat penting spirit perjuangan itu terus menerus dipelihara.

Begitu luar biasanya kita jika diberikan oleh Allah Ta’ala nikmat kebahagiaan berjuang. Dan lebih luar biasanya lagi jika nikmat spirit perjuangan itu bisa kita jaga dengan baik.

Fase fase yang dapat menjaga spirit bagaimana kita menikmati pengorbanan dalam berjuang itu. Ketika spirit kita, ibadah kita, cita cita, nilai nilai yang kita jadikan sebagai pedoman dalam melangkah di kehidupan ini dijadikan sebagai motivasi untuk senantiasa terus ditingkatkan.

Maka perlu kemudian spirit manhaj itu dijaga, sebab ini jadi ukurannya. Kalau spirit manhajnya meningkat, maka pasti kita menikmati perjuangan ini. tapi kalau spiritnya melemah maka otomatis akan mengalami pergeseran. Pada saat itulah kemudian akan terjadi ukuran ukuran yang bersifat kenikmatan duniawi semata.

Spirit perjuangan ini harus terus digelorakan. Karena untuk membangun perjuangan Islam. Untuk mewarnai Islam di seluruh aspek kehidupan itu butuh pengorbanan yang besar.(Ridwan Gagah)



BACA JUGA