Sunday, 16 January 2022 | 13:12 Wita

Sabtu-Ahad, Hari Eratkan Ukhuwa Warga Hidayatullah Towuti

Editor: admin
Share

LUTIM, HidayatullahSulsel.com – Bagi ummat Islam, selain memperbaiki spiritualiatas atau hubungan kepada Allah ta’ala, hubungan kepada sesama manusia juga mesti dijaga. Terlebih perintah itu adalah anjuran dalam agama Islam.

Maka atas dasar itu, warga Hidayatullah Towuti membangun rekayasa sosial dengan menjadikan akhir pekan, yakni Sabtu dan Ahad sebagai hari untuk mempererat Ukhuwah.

Pada Sabtu, seluruh warga dan santri pondok melakukan aktivitas kerja bakti bersama dengan membersihkan seluruh wilayah kampus serta menata tampilan pondok agar tetap terlihat nyaman dan indah dipandang.

Kegiatan ini dilaksanakan pukul 08:00 – 11:00 bertujuan untuk menambah kekompakan serta membangun kerja sama yang baik antar warga. Selain, untuk menciptakan kedekatan emosional antara santri dan pengasuh.

Sementara Ahad adalah hari ngopi bersama di rumah warga secara bergiliran. Kegiatan yang dimulai setelah wirid pagi ini adalah berkumpul memperkuat persaudaraan satu sama lain sehingga di Hidayatullah Towuti kegiatan ini disebut “Ngopi Ukhuwah”.

Kebiasaan yang dilakukan oleh warga Hidayatullah Towuti ini bukan tanpa alasan. Selain adalah perintah Allah Ta’ala. Tadisi ini juga sudah dibangun sejak lama oleh para pendiri Hidayatullah.

Sehingga kerja bakti dan membangun hubungan baik antar sesama adalah aktivitas wajib bagi kader Hidayatullah yang mesti dijaga.

Ketua Yayasan Ponpes Hidayatullah Towuti, Ustadz Irwan Mujahid menyampaikan kegiatan Sabtu dan Ahad ini disepakati sebagai Hari Eratkan Ukhuwah bagi semua warga. “Sengaja dibuatkan agenda khusus untuk memperkuat kekompakan, menyeragamkan visi dan misi yang telah disepakati bersama,” ujarnya.

“Inikan tradisi Hidayatullah, yah kita wajib menjaga itu, sebab nilai-nilai yang terkandung di dalamnya itu kan baik semua. Melalui aktivitas Sabtu-Ahad ini. Alhamdulillah warga kita semakin kompak dan persaudaraan antara kita juga semakin hari semakin baik,” kata Irwan.■ ridwan gagah



BACA JUGA