Friday, 19 January 2024 | 12:19 Wita

Tiga Hal yang Dikejar

Editor: admin
Share

Oleh: Akib Junaid Kahar, Dai Hidayatulllah

HidayatullahSulsel.com — Ada tiga hal paling dominan yang menjadi tujuan utama, di balik setiap aktivitas dilakoni umat manusia di dunia ini. Ketiga hal itu semuanya berujung pada muara yang sama, yakni bagaimana agar kebahagiaan benar-benar bisa dirasakan.

Ketiga hal dimaksudkan di atas adalah; pertama mengumpulkan harta “sebanyak” mungkin. Kedua meraih posisi (jabatan) “setinggi-tingginya”, dan Ketiga mendapatkan pasangan “ideal” sesuai kriteria telah dipatok.

Kerumitan dialami manusia dalam kehidupan dunia, dengan berbagai bentuk dan dimensinya, kadang sampai ke level sangat sulit dipahami alias berat diterima oleh akal sehat, umumnya dipicu oleh keinginan sangat kuat untuk menggapai salah satu dari ketiga hal tersebut.

,أَلآ وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً، إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، أَلآ وَهِيَ الْقَلْبُ

“Ketahuilah, sungguh di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Jika daging tersebut baik, baiklah seluruh tubuh. Jika rusak, rusaklah seluruh tubuh. Ketahuilah, segumpal daging itu adalah kalbu (hati).” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Jika merujuk pada sabda Rasulullah di atas, maka kehidupan di dunia ini sejatinya menjadi sangat sederhana, yakni bagaimana kita fokus pada perbaikan hati. Sebab akar masalah dari setiap persoalan melingkupi seseorang, semua bersumber pada hati yang mengalami kerusakan.

Secara sederhana, sesungguhnya masing-masing orang dapat mendeteksi kondisi hatinya, yang nantinya akan berpengaruh besar pada bahagia dan sengsaranya dalam kehidupan.

Sehatnya hati seseorang akan terlihat pada kemampuannya untuk;

1. Selalu bersyukur atas sekian banyak nikmat
2. Bersabar atas aneka ragam bentuk ujian
3. Beristighfar atas semua penyimpangan

Semoga kita semua senantiasa mendapatkan bimbingan untuk dapat melakoninya.(FB/*)



BACA JUGA