Monday, 19 June 2023 | 12:40 Wita

Halaqah RQH Istiqomah Parepare Gelar Daurah Tahsin

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Parepare, HidayatullahSulsel.com — Majelis Ta’lim Al-Latif mengadakan Daurah Tahsin Talaqqi Qur’an Surah Al-Fatihah di Masjid Al-Latief Perumahan Yasmin kota Parepare kemarin di hari Sabtu (17/6/2023)

Halaqah Rumah Qur’an Hidayatullah (RQH) Istiqomah Perum. Yasmin Parepare selaku panitia pelaksana mengangkat tema “Memulai Kefasihan dari Surah Al-Fatihah.” Kegiatan yang berlangsung dari pukul 14.00-17.30 WITA dihadiri oleh 31 orang peserta.

Daurah ini juga sinergi antara Majelis Ta’lim Al-Latief bersama Muslimat Hidayatullah (Mushida) Parepare dan RQH Istiqomah Parepare. Pemateri pada daurah tersebut ustadz Ahmad Syahril, S.Pd, Kadep. Dakwah PW Pemuda Hidayatullah Sulawesi Selatan.

Selain talaqqi bacaan surah Al-Fatihah, pengajar Sekolah Da’i Hidayatullah Sultanbatara (Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara) ini juga berbagi tips-tips cepat fasih membaca al-Qur’an.

Menurutnya belajar al Quran harus dibimbing guru yang berkompeten atau dengan talaqqi, kedua memulai dari perbaikan huruf dan penyempurnaan harakat, ketiga Tahsin, Tilawah Surah Al-Fatihah sebagai pengamalan awal dari makharij dan shifat huruf, dan menghafal Al-Mufashshol yaitu surah-surah pendek.

Ketua Departemen Dakwah Pengurus Daerah (PD) Mushida Parepare, Ustazah Nasran, mengapresiasi semangat seluruh peserta yang hadir.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sebab kalangan ibu-ibu yang tentu berbagai tugas di rumah yang banyak masih meluangkan waktunya untuk bersama-sama dalam mempelajari al-Qur’an, sungguh ini adalah suatu kebaikan, semoga Allah Ta’ala memberikan balasan ajrun ghairu mamnun,” ujarnya.

Beberapa peserta adalah anggota Halaqah RQH Istiqomah yang sebelumnya dengan pertemuan setiap sekali sepekan saat ini sudah menuntaskan materi Tahsin Qiro’ah yaitu perbaikan Makharijul Huruf serta sifat-sifatnya, yang didampingi oleh pengajar dari PD Mushida Parepare.

Ibu-ibu Majelis Ta’lim Al-Latif dan RQH Istiqomah dengan semangat ber-Qur’an terus berproses dalam perbaikan bacaan. Daurah Tahsin Talaqqi Surah Al-Fatihah salah saru ikhtiar perbaikan bacaan.

Sebelum, Hj. Eni selaku Ketua Panitia menjelaskan para peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan sampai selesai.

Ibu Miftahul Khairah peserta yang merupakan dosen di Institut Teknologi BJ. Habibie mengaku menjadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk lebih bersemangat lagi dalam mempelajari al-Qur’an.

“Daurah Tahsin, Talaqqi surah Al Fatihah ini menambah pemahaman peserta mengenai konsep kehati-hatian dalam melafalkan Al Fatihah, walaupun sudah sering dibaca, namun bisa jadi kita tidak menyadari kesalahan huruf yang kita ucapkan. Semoga dengan kegiatan daurah ini menjadi momentun peserta untuk lebih semangat lagi membaca, mempelajari memahami, dan mengamalkan isi Al Quran,” ujarnya.

Selain itu, ibu Susanti selaku ibu RT di lingkungan Perum Yasmin turut mengapresiasi terselenggarakannya Daurah Tahsin ini, “Masya Allah, saya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan Daurah tahsin Surah Al-Fatihah. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat serta menambah semangat dalam memperbaiki bacaan Al Qur’an. Barakallah,” ujarnya.(Sahlah al-Ghuamishaa’)



BACA JUGA