Friday, 23 June 2023 | 10:15 Wita

Santri Tahfidz Al Mubarak Hidayatullah Parepare Ujian Matan dan Hafalan

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Parepare, HidayatullahSulsel.com — Santri Tahfidz Al Mubarak Hidayatullah Parepare mengikuti ujian matan al Jazariyah dan kenaikan hafalan Qur’an di Masjid Al Mubarak Hidayatullah Parepare, Jum’at (23/6/2023).

“Ujian hafalan Qur’an ini adalah salahsatu rangkaian dari seluruh kegiatan kediniyahan atau kepesantrenan yang diselenggarakan, harapannya Santri tidak hanya dibekali ilmu ulumuddin tetapi juga ditekankan agar santri memiliki hafalan
yang mutqin, serta baik dan benar,” jelas Kepala Kepesantrenan Putra Ruslan Hanif Lc.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Team kepesantrenan (Diniyyah) atas upaya dan usahanya dalam membimbing santri dan membekali dengan ilmu, adab serta hafalan. “Semoga program seperti ini terus dilanjutkan dan ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya,” harapnya.

Kepala Tahfidz Putra Ahmad Syahril SPd menambahkan, ujian Hifzil Qur’an tersebut juga dimaksudkan untuk menjaga kekuatan hafalan para santri.

“Karena semakin sering diuji hafalan akan semakin itqon tentunya dibarengi dengan muroja’ah ekstra. Juga menjadi syarat bagi setiap santri untuk naik te tingkat juz hafalan berikutnya,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut para penguji tampak cermat mendengarkan setiap lantunan ayat yang dibacakan oleh setiap santri yang diuji.

Para penguji ini adalah asaatidz berkompeten di bidang Qur’an khususnya. Mereka adalah alumni dari Sekolah Dai Bogor, Sekolah Dai Hidayatullah Parepare, dan alumni STIS Balikpapan yang sudah teruji kualitas bacaan Qur’annya.

Selain ujian hafalan Qur’an juga para santri diuji pemahaman hafalan matan al jazariyah sebagai penguat penunjang standarisasi bacaan Qur’annya, terutama dalam muatan makharijul Huruf.

“Karena memang ikhtiar kita di Pesantren Hidayatullah Parepare ini adalah melahirkan generasi Rabbani yang Itqon hafalannya dan bacaan Qur’annya berstandar,” tegas Ahmad Syahril. (Abu Haniyyah)



BACA JUGA